Sentra Penjualan Ikan Hias di Cengkareng

Tahukah Anda bahwa di Cengkareng ada pasar ikan hias yang tidak kalah ramai dibanding tempat serupa di Jalan Barito Kebayoran Baru atau Menteng? Bagi penggemar ikan hias, mungkin tulisan ini bukanlah info yang baru. Tetapi bagi Anda yang berniat untuk mulai memelihara ikan hias atau sekedar jalan-jalan sambil melihat beragam serta indahnya ikan hias, lokasi ini kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi.

Sentra penjualan ikan hias ini terletak persis di tepi Jalan Kamal Raya (Outer Ring Road) arah dari Jalan Daan Mogot menuju Tol Bandara. Bila Anda dari arah persimpangan Pasar Cengkareng, setelah melewati Kantor Kecamatan Cengkareng kurang lebih 300 meter berikutnya akan tampak papan nama bertulisan “PERIKANAN”, disitulah lokasi pasar ikan hias ini.

Suasana lingkungan disana terasa cukup nyaman, karena salah satu sisinya ada beberapa pohon besar hingga terkesan sejuk. Ada sekitar tiga puluh kios penjual ikan hias yang berjualan disini. Rata-rata kios luasnya sekitar 6 sampai 8 meter persegi. Umumnya penggemar ikan hias banyak berdatangan ke tempat ini pada akhir minggu.

Ikan hias yang dijual beragam jenisnya, baik itu ikan hias air tawar maupun air laut, dari yang murah sampai yang mahal. Koleksi ikan hias air laut sepertinya tidak begitu banyak, hanya terlihat satu dua kios yang menjualnya, mungkin karena tidak banyaknya peminat. Beberapa alasan tidak banyaknya penggemar ikan hias air laut menurut pedagang disana yaitu repotnya perawatan, entah itu suhu air laut yang harus selalu dijaga stabil maupun penggantian air yang harus dilakukan rutin dan juga harga perawatan yang relatif lebih mahal.

Dilihat dari koleksi ikan yang dijual, dibanding tempat sejenis di Jalan Barito atau Menteng, ikan-ikan yang dijual di Cengkareng ini bisa dibilang kurang beragam. Mungkin karena daya beli masyarakatnya yang berbeda. Namun, kita masih bisa mendapatkan ikan seharga jutaan rupiah disini, walaupun tidak banyak.

Arwana merah atau hijau menjadi peringkat ikan paling mahal, disusul oleh ikan diskus. Ikan koi juga banyak tersedia dengan berbagai ukuran.

Active Image
Seperti pasar ikan hias di tempat lain, jenis ikan di sini juga tergantung musim. Jika lobster air tawar sedang booming, kita bisa mendapatkannya dengan harga murah. Hal yang sama juga berlaku untuk kura-kura. Tetapi, ikan seperti mas koki, ikan manvis (layang-layang) dan cupang sepertinya selalu tersedia sepanjang waktu.

Beberapa tahun yang lalu, CENGKARENG.INFO melihat banyak dijual ikan pari air tawar, tetapi sekarang tidak satupun kios yang memajangnya. Ikan lohan juga sulit dicari di tempat ini sekarang.

Di dekat pintu keluar terdapat beberapa penjual akuarium handmade. Ingin model apapun bisa dibuatkan dari berbagai ukuran dan ketebalan kaca. Begitu juga dengan perlengkapan memelihara ikan yang lain. Beragam penyaring air, lampu, pembersih kaca dan juga makanan ikan dapat dengan mudah kita temui pada setiap kios.

Pada bagian belakang lokasi ini juga terdapat rumah makan Segar Wangi. Menunya beragam masakan dari ikan dengan resep khas Sunda. Rasa makanan di rumah makan ini pun cukup dapat menggoyang lidah. Begitupun suasananya, penataan interior bergaya tradisional membuat pengalaman makan jadi berkesan. Tinggal pilih, mau makan di meja atau lesehan. Tetapi jangan coba minta ikan hias yang dimasak, sudah pasti tidak tersedia.

Shella (085780735356)
by TJS Cargo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.